Sekilas tentang penyakit bisul


Apakah bisul itu?

Bisul atau yang disebut juga sebagai furunkel adalah infeksi bakteri pada folikel rambut dan jaringan di sekitarnya. Gejalanya berupa benjolan yang nyeri pada kulit dan lenting isi nanah pada puncaknya. Setelah beberapa saat benjolan ini biasanya akan melunak dan isinya yang berupa nanah akan keluar melalui puncak bisul. Namun dapat juga terjadi benjolan menghilang setelah diobati. Selain nyeri, pasien dapat juga merasakan demam dan meriang.

Bagaimana seseorang dapat mengalami bisul?

Bisul biasanya terjadi pada kulit yang sering tergesek, tertekan dan berkeringat misalnya daerah bokong dan ketiak. Gesekan yang terjadi membuat kulit menjadi tidak utuh lagi, walaupun tak tampak secara langsung. Kulit yang tidak utuh ini menjadi tempat masuknya bakteri-bakteri, sehingga dapat terjadi bisul. Pada dasarnya, bisul dapat terjadi di mana saja.

Mengapa seseorang dapat menderita bisul berulang-ulang?

Jika seorang pasien mengalami bisul dalam jumlah banyak dan berulang, maka harus dicurigai apakah ada keadaan lain yang dapat membuat daya tahan tubuhnya menjadi rendah, misalnya malnutrisi, kencing manis yang tidak terkontrol, AIDS, dan lain sebagainya. glucose test

Apa yang harus dilakukan jika seseorang memiliki bisul?

Jika bisulnya belum pecah, jangan dipegang-pegang. Segera berobat untuk mendapatkan antibakteri dan anti nyeri yang sesuai. Jika bisulnya sudah pecah, keluarkan nanah yang ada dengan menggunakan kain how to treat boilskasa dan air bersih. Setelah itu berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

About dr. Graciella Regina

Seorang dokter yang peduli dengan kesehatan masyarakat dan aktif menulis di berbagai media.

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply