Pengantar singkat tentang cacar monyet


Apakah cacar monyet itu?

Cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada bagian atas kulit. Penyakit cacar monyet ditandai dengan adanya lepuhan-lepuhan seperti tersiram air panas dan biasanya berisi nanah.

Siapa saja yang dapat terkena cacar monyet?

Cacar monyet biasanya dialami oleh anak kecil, terutama yang kurang gizi dan tidak dapat menjaga kebersihan tubuhnya. Orang dewasa yang memiliki daya tahan tubuh dan higienitas tubuh yang rendah dapat pula mengalami cacar monyet.

Bagaimana seseorang dapat terkena cacar monyet?

Saat kulit seseorang tidak utuh, misalnya ada luka kecil atau ada penyakit kulit tertentu, maka kulit menjadi terbuka dan dapat dimasuki oleh bekteri. Hal-hal yang dapat mengganggu keutuhan kulit dan seringkali mendahului terjadinya cacar monyet misalnya biang keringat, gigitan serangga, atau kulit yang sering tergesek.

Apakah lepuhan cacar monyet boleh dipecahkan?

Biasanya, lepuhan cacar monyet memang mudah pecah. Jika belum pecah, tidak perlu sengaja dipecahkan. Namun jika sudah terlanjur pecah, kulit yang luka harus dibersihkan dari nanah-nanah yang ada dan dijaga kebersihannya, sehingga tidak terjadi infeksi yang lebih berat dan menyebabkan uka semakin mendalam.

Segeralah berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

About dr. Graciella Regina

Seorang dokter yang peduli dengan kesehatan masyarakat dan aktif menulis di berbagai media.

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply