Mengenal penyakit cacar air


chickenpoxApakah cacar air itu?

Cacar air atau varisela adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster, ditandai dengan demam, munculnya lenting-lenting atau gelembung berisi cairan pada kulit, dan biasanya terasa gatal. Lenting-lenting yang muncul biasanya tidak serentak, melainkan dimulai dari bagian tengah tubuh (leher, dada, punggung, atau wajah) lalu mulai menyebar ke lengan dan tungkai.

Apakah cacar air menular?

Ya, cacar air adalah penyakit menular. Penularan cacar air melalui percikan air liur penderita yang terhirup melalui saluran pernapasan. Jika tertular, gejala klinis biasanya baru mulai muncul sekitar 2-3 minggu setelah kontak dengan pasien.

Apakah cacar air berbahaya?

Walaupun cacar air adalah penyakit yang umum pada anak-anak, cacar air dapat menyebabkan komplikasi ke berbagai organ tubuh yang lain seperti paru-paru dan otak, dan pada kasus yang berat dapat menyebabkan kematian. Ibu hamil yang terinfeksi cacar air juga dapat menyebabkan risiko pada janin yang dikandungnya. Oleh karena itu pasien cacar air sebaiknya segera berobat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Apakah lenting pada kulit pasien cacar air boleh dipecahkan?

Tidak boleh. Jika lenting pada kulit pasien pecah, maka akan menjadi tempat masuk kuman yang dapat memperburuk keadaan pasien. Oleh karena itu, dokter biasanya akan memberikan bedak untuk membantu menjaga agar lenting tidak mudah pecah. Jika lenting sudah terlanjur pecah, jagalah kebersihan tubuh dan segera berobat untuk mendapatkan penanganan selanjutnya. Jangan menaburkan bedak pada lenting yang sudah pecah.

Apakah pasien cacar air boleh mandi?

Pasien cacar air sebaiknya tetap mandi, supaya badannya tetap bersih. Namun pasien harus menjaga agar lenting-lenting yang ada di kulitnya tidak sampai pecah, misalnya tidak menggosok kulit saat mandi ataupun saat mengeringkan tubuh dengan handuk.

Apakah ada makanan yang harus dipantang oleh pasien cacar air?

Tidak ada makanan yang harus dipantang, kecuali diketahui pasien memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Makanlah makanan yang  bergizi dan beristirahat dengan cukup sehingga daya tahan tubuh pasien cepat pulih.

About dr. Graciella Regina

Seorang dokter yang peduli dengan kesehatan masyarakat dan aktif menulis di berbagai media.

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply