Masalah Kulit pada Lanjut Usia


Proses penuaan adalah hal yang tidak dapat dihindari dan akan dialami oleh setiap orang, baik perempuan maupun laki-laki. Tidak jarang, seorang lansia yang tidak menderita penyakit sistemik tertentu mengalami keluhan pada kulitnya. Permasalahan tidak terbatas pada kulit wajah yang berkeriput atau berflek, tetapi juga permasalahan pada kulit di bagian tubuh yang lain.

images

Pada lansia permasalahan kulit disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya perubahan struktur dan fisiologi kulit karena proses penuaan, paparan sinar matahari, serta gaya hidup, namun faktor terpenting yang menyebabkan masalah kulit pada lansia adalah paparan sinar matahari (sinar ultraviolet). Penuaan menyebabkan kulit menipis, kandungan air di dalam kulit berkurang, serta penurunan serabut kolagen dan elastin di kulit. Perubahan kulit menua ini semakin memburuk jika ditambah dengan gaya hidup yang kurang sehat, misalnya merokok, asupan gizi yang tidak seimbang, kurang cairan tubuh dan aktivitas fisik, serta kebiasaan merokok. Masalah kulit pada lansia juga dapat berhubungan dengan penyakit sistemik yang diderita oleh pasien.

chronic-pruritus-elderlyMasalah yang sering dialami oleh lansia misalnya adalah kulit kering, kulit gatal, kulit mudah memar, kulit yang mudah terluka namun sulit sembuh, serta yang harus jadi perhatian lebih adalah keganasan kulit atau kanker kulit. Kulit kering dapat menyebabkan rasa gatal yang hebat, sehingga pasien lansia terganggu tidurnya. Garukan yang dilakukan dapat menyebabkan luka, perdarahan, bahkan infeksi pada kulit, menambah masalah kulit lansia lebih lanjut lagi.

Gatal pada lansia dapat disebabkan oleh kondisi kulit yang menyebabkan gatal (misalnya kulit kering), atau penyakit sistemik yang diderita oleh pasien, misalnya kencing manis dan gagal ginjal, obat-obatan yang diminum, atau gatal yang penyebabnya tidak diketahui dengan jelas. Gatal yang dialami oleh lansia dapat meyebabkan kualitas hidup lansia menurun, sehingga harus segera  dicari penyebab gatalnya dan diatasi. Perawatan kulit yang baik dapat membantu mengatasi gatalnya kulit yang disebabkan kulit kering.

Kulit mudah memar dan kulit mudah luka disebabkan oleh menipisnya perubahan struktur kulit dan pembuluh darah pada lansia. Proses penyembuhan luka juga terganggu pada lansia sehingga luka menjadi sulit sembuh.

Sinar matahari sangat berperan pada proses penuaan kulit, termasuk meningkatnya risiko berbagai jenis keganasan pada kulit. Penggunaan tabir surya sangat dianjurkan untuk dilakukan sedini mungkin untuk mencegah efek buruk kumulatif dari radiasi ultraviolet sinar matahari.

About dr. Regina, Sp.KK

Seorang dokter spesialis kulit dan kelamin yang bekerja sebagai klinisi di sebuah rumah sakit sekaligus sebagai dosen di salah satu fakultas kedokteran swasta di Jakarta.

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply