Biduran atau Urikaria atau Kaligata


Biduran / Kaligata / Urtikaria

 

Pernahkah Anda mengalami bentol-bentol besar seperti pulau-pulau yang mendadak timbul lalu menghilang dengan cepat tanpa bekas, disertai rasa gatal dan agak panas. Mungkin Anda mengalami yang disebut sebagai biduran atau kaligata atau urtikaria.

Urticaria_on_arm_resized_detail

Biduran adalah munculnya bentol-bentol di kulit yang muncul mendadak dan menghilang cepat tanpa bekas, dan tidak disebabkan oleh gigitan serangga semata. Gatal bisa dirasakan ringan sampai sangat gatal. Bentol-bentol biduran dapat berwarna kemerahan atau sewarna kulit, dan akan memucat jika ditekan, dapat muncul di area tertentu di badan atau sampai hampir seluruh tubuh.

 

images

 

Biduran dibagi menjadi dua jenis, yaitu biduran akut dan kronis. Biduran termasuk akut jika terjadi kurang dari atau selama 6 minggu, sedangkan kronis jika lebih dari 6 minggu. Pencetus terjadinya biduran sangat banyak, sehingga kadang menyulitkan pasien maupun dokter untuk mencari penyebabnya dan menghindari untuk mencegah kekambuhan. Pencetus biduran dapat berupa makanan (misalnya kacang, telur, dan makanan laut), obat-obatan tertentu, gigitan serangga atau kutu (bed bug), sesuatu yang dioleskan atau dikenakan di kulit, infeksi bakteri dan virus, bulu binatang, serbuk bunga atau tanaman, tekanan pada kulit, dan lain-lain. Pasien dan dokter harus melacak pencetus pencetus biduran untuk seorang pasien sehingga biduran tidak kambuh lagi. Selama pencetus tidak dihindari, obat hanya mengurangi gejala, tetapi biduran akan tetap kambuh.

Jika biduran sedang muncul, pasien dapat berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat alergi untuk mengurangi gejala. Hal yang harus diperhatikan oleh pasien adalah segera datang unit gawat darurat jika mata dan bibir bengkak (seperti jontor) hingga sulit bernafas dan suara menjadi serak, karena keadaan mungkin bukan hanya biduran, melainkan sudah menjadi angioedema.

 

Sumber:

acaai.org

nhsinform.scot

webmd.com

Foto: allergyuk.org, wikipedia.org, iconfinder

About dr. Regina, Sp.KK

Seorang dokter spesialis kulit dan kelamin yang bekerja sebagai klinisi di sebuah rumah sakit sekaligus sebagai dosen di salah satu fakultas kedokteran swasta di Jakarta.

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply