About


Sebagai organ tubuh terluar, kulit berfungsi untuk melindungi tubuh manusia dari trauma mekanik, fisik, kimia, dan suhu. Karena ada di tempat terluar dari tubuh, kulit juga rentan terkena penyakit, baik infeksi maupun bukan infeksi, misalnya eksema.

Kelainan kulit, baik infeksi maupun non infeksi sering kali memberikan gejala yang mirip: berwarna kemerahan, bintil-bintil, dan terasa gatal, walaupun ada beberapa penyakit kulit yang memberikan sensasi nyeri atau panas, dan gejala lain.

Saat menderita penyakit kulit, biasanya pasien tidak tahu apa yang harus dilakukan. Obat apa yang harus dipakai? Apakah harus dikompres? Apakah harus ditutup kasa atau plester? Apakah boleh mandi? Apakah harus pantang makanan tertentu? Oleh karena itu, dibuatlah artikel-artikel ringan di situs PenyakitKulit.org ini, dengan harapan dapat membantu pasien untuk mengerti apa yang terjadi pada kulitnya, dan bagaimana perawatan penyakit kulitnya.

Artikel di website ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan konsultasi dengan dokter, karena untuk mendiagnosis dengan pasti suatu penyakit serta melakukan perawatan kelainan kulit harus dilihat dan dikontrol langsung oleh dokter yang kompeten.

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply